Inilah 3 Jenis Bahan Terbaik untuk Membuat Neon Box

0
40
Inilah 3 Jenis Bahan Terbaik untuk Membuat Neon Box
Inilah 3 Jenis Bahan Terbaik untuk Membuat Neon Box

Jogja Advertising – Salah satu media iklan yang cukup efektif dan kerap digunakan untuk branding sekaligus promosi sebuah bisnis atau perusahaan ialah neon box. Neon box sendiri berupa papan reklame yang berukuran kecil yang di dalamnya terdapat lampu neon. Sekarang ini neon box banyak dimanfaatkan oleh berbagai macam bisnis.

Tampilannya akan terlihat semakin menarik ketika malam hari karena didalamnya terdapat lampu neon. Sehingga mampu menarik perhatian sekaligus memberi kesan profesional. Dalam pembuatan neon box ini terdapat beberapa jenis bahan yang digunakan. Setiap bahan memiliki kelebihannya masing-masing. Berikut diantaranya. 

1.  Akrilik

Bahan pembuatan neon box yang cukup sering digunakan ialah akrilik. Terbuat dari perpaduan antara kaca dan plastik, bahan akrilik memiliki banyak kelebihan. Sifat dari bahan plastik membuatnya memiliki kelenturan yang baik sementara sifat dari kaca membuatnya mampu tembus cahaya. Jenis akrilik ini cukup kuat dan tak mudah pecah, sehingga lebih awet dan tahan lama jika digunakan untuk pembuatan neon box. 

Selain itu, bahan akrilik juga tersedia dengan bermacam warna, desain maupun ketebalan serta cukup mudah ditemukan di pasaran. Pilihan warna yang paling bagus dengan bahan akrilik ialah warna putih atau yang kerap disebut akrilik susu. Untuk ketebalan bisa disesuaikan dengan kebutuhan, namun, semakin tebal maka akan semakin kuat dan baik, tentu harganya pun juga jadi lebih mahal. 

Baca juga: 4 Tips Mudah Memasang Papan Nama Toko

2. Vinyl

Jika Anda ingin membuat neon box dengan budget terbatas, maka bahan vinyl bisa jadi pertimbangan. Dibanding dengan bahan akrilik, neon box berbahan vinyl memang jauh lebih murah. Pasalnya, bahan tersebut menggunakan bahan semi plastik dan berupa lembaran. Banyak yang menyebutnya dengan neon box flexi. 

Bahan yang digunakan biasanya disebut dengan flexi backlite dan sangat baik untuk meneruskan cahaya. Jika tersorot sinar dari dalam neon box, warnanya bisa semakin “keluar”. Kelebihan lain yang dimiliki bahan ini adalah eksekusinya bisa menggunakan teknik printing. 

3. Duratrans

Bahan neon box yang satu ini berbentuk seperti lembaran tipis dan sangat sesuai digunakan untuk display outdoor maupun indoor. Teknik cetak untuk pembuatan neon box ini memakai bahan menggunakan teknik cetak secara digital seperti pembuatan neon box berbahan vinyl. Meski cocok untuk luar ruangan, tapi alangkah lebih baik jika digunakan untuk di dalam ruangan. Sebab paparan sinar matahari langsung bisa membuatnya rusak lebih cepat. 

Baca juga: Inilah 3 Tips Mudah Membuat Huruf Timbul Acrylic

Nah, itu tadi beberapa jenis bahan yang biasa digunakan untuk pembuatan neon box. Setelah mengetahui perbedaan bahannya, Anda pun bisa memilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan dan juga budget yang dimiliki.  Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here