6 Tips yang Membuat Iklan Mudah Dipahami, Nomor 3 Jarang Diketahui

0
19
6 Tips yang Membuat Iklan Mudah Dipahami, Nomor 3 Jarang Diketahui
6 Tips yang Membuat Iklan Mudah Dipahami, Nomor 3 Jarang Diketahui

Jogja Advertising – Membuat pesan pada iklan lebih mudah tersampaikan merupakan langkah penting yang perlu diperhatikan dalam pembuatan iklan. Terlebih untuk iklan jenis outdoor atau berupa papan reklame. 

6 Tips Ini Penting Diterapkan Agar Iklan Mudah Dipahami

Iklan yang dipampang pada outdoor harus mampu menyampaikan pesan dengan jelas dan efektif. Oleh sebab itu, berikut adalah 6 tips yang akan membuat pesan pada iklan outdoor lebih mudah tersampaikan. 

6 Tips yang Membuat Iklan Mudah Dipahami, Nomor 3 Jarang Diketahui
6 Tips yang Membuat Iklan Mudah Dipahami, Nomor 3 Jarang Diketahui
  • Pastikan Teks yang Pendek dan Menarik

Teks yang paling efektif untuk iklan outdoor adalah kalimat yang pendek namun menarik serta sekurang-kurangnya dapat dibaca penuh dalam waktu tiga detik. Gunakan susunan kata yang pendek dan memikat pembaca, misalnya dengan menggunakan tujuh kata untuk menjadi sebuah kalimat iklan. 

Baca juga: 3 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Ketika Akan Memasang Billboard Papan Iklan

  • Buat Ukuran Teks yang Cukup Jelas

Secara sepintas orang yang melewati iklan outdoor tidak dapat mendekat seketika itu untuk membaca tulisan yang tertera pada papan reklame, sehingga sangat penting untuk mencetak iklan dengan ukuran teks yang jelas dan dapat terbaca dari jarak jauh. 

Semakin besar ukuran tulisan maka semakin besar pula peluang untuk mendapat perhatian publik. Ukuran ideal teks pada papan iklan setidaknya memiliki tinggi satu meter dan dapat diperbesar terutama pada papan setinggi 10 meter

  • Hilangkan White Space Rule

White space rule adalah istilah yang digunakan untuk sisi kosong atau jarak antara gambar, teks dan grafis lain termasuk pada sisi tepi reklame. Adanya jarak yang digunakan biasanya untuk menekankan bagian yang paling penting dalam desain iklan. 

Namun dalam prinsip outdoor advertising hal ini justru sebaiknya dihindari. Alih-alih menyisakan white space rule, Anda dapat memaksimalkan ruang yang ada untuk menuliskan atau menampilkan gambar yang mampu memberi kesan kuat kepada pembaca agar tertarik pada apa yang ditawarkan.

  • Gunakan Warna Tajam dan Kontras

Pilihlah warna-warna yang terang dan menarik dengan perpaduan kontras yang epik. Sesuaikan dengan tema iklan dan desain visual pada reklame tersebut. Warna-warna yang kuat dan menarik akan berpengaruh terhadap kesan pandangan pertama pembaca, sehingga hal ini juga akan menentukan apakah pembaca akan meneruskan dalam memperhatikan iklan atau mengabaikannya. 

  • Desain Secara Ringkas

Disebabkan oleh waktu perhatian dan membaca yang relatif singkat, maka upayakan untuk membuat desain yang ringkas dan menarik. Jangan memasukkan semua objek gambar yang dimiliki. 

  • Cek Visibilitasnya

Cobalah dengan meletakkan papan reklame yang telah dibuat di suatu lokasi lalu cobalah untuk membacanya dari jarak jauh. Kemudian ketahui apakah Anda dapat menangkap teks dan informasi yang tertera dalam waktu kurang dari lima detik. 

Demikian cara membuat pesan pada iklan lebih mudah tersampaikan yang penting untuk diperhatikan. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk memaksimalkan nilai efektivitas dan ekonomis dalam pembuatan dan pemasangan iklan outdoor. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here